Home / Berita Umum / Cirebon Diguyur Hujan Berjam-jam Akibatkan 2 Rumah Warga Ambruk

Cirebon Diguyur Hujan Berjam-jam Akibatkan 2 Rumah Warga Ambruk

Cirebon Diguyur Hujan Berjam-jam Akibatkan 2 Rumah Warga Ambruk – Sekurang-kurangnya dua rumah di RW 4 Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, ambruk karena diterjang hujan. Pemilik rumah Ino Martiano (37) serta Iriyanto (53) sangat terpaksa mengungsi. Mujur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Atap rumah Ino ambruk. Keadaan yang juga sama dihadapi Iriyanto. Ino bercerita peristiwa itu berlangsung seputar jam 15.00 WIB tempo hari (10/2/2019). Hujan deras yang mengguyur Kota Cirebon saat berjam-jam, menurut Ino, jadi pemicu ambruknya atap tempat tinggalnya.

“Dari siang sampai sore hujan. Peristiwanya dalam hitungan detik, tidak diduga terdengar bunyi patahan kayu selalu ambruk. Bruk,” kata Ino di tempat tinggalnya yang ambruk, Senin (11/2/2019).

Ino tidak menolak keadaan tempat tinggalnya itu telah lapuk. Bahkan juga, Ino mengakui sudah sempat ajukan program rumah tidak wajar huni (rutilahu). “Telah disurvei buat rutilahu. Tetapi sampai saat ini belumlah diperbaiki. Keadaan tempat tinggalnya sudah tua, banyak kayunya yang keropos,” kata Ino.

Waktu peristiwa, Ino menjelaskan tidak ada orang di rumah. Waktu itu, ke-2 anak serta istrinya ada di luar rumah. “Semua di luar, anak saya hujan-hujanan. Alhamdulillah tidak ada korban. Mudah-mudahan pemerintah responsif,” tuturnya.

Dalam tempat yang sama, Iriyanto mengakui kaget waktu dengar berita peristiwa itu. Waktu peristiwa, Iriyanto mengakui tengah ada di luar.

“Ada saudara saya sama anaknya yang masih tetap berumur 10 bulan, sama saudara saya yang lain. Ada enam orang lah sama bayi,” kata Iriyanto.

Selanjutnya, Iriyanto menjelaskan keluarganya yang beradadi rumah itu selamat. Akan tetapi, bayi berumur 10 bulan yang digendong saudaranya waktu peristiwa sudah sempat terserang puing-puing pasir dari bangunan.

“Ya tidak kronis, pasir atau abu dari atas rumah tentang bayi. Alhamdulillah tidak apakah. Mudah-mudahan ada pertolongan dari pemerintah,” kata Iriyanto.

About admin