Home / Mancanegara / Daftar Warisan Sejarah Di Canberra | Mancanegara

Daftar Warisan Sejarah Di Canberra | Mancanegara

Sekitar 12 halte bus kala dalam sejarah sudah ada sejak tahun 1920-an dalam kawasan Kota Canberra, Australia, saat ini dimasukkan di daftar warisan sejarah dunia. Bersama dengan penetapan tersebut, bangunan-bangunan tersebut pun saat  ini juga tengah dilindungi dan juga dilestarikan.

Dalam pernyataan dari Dewan Perlindungan Sejarah ACT semua halte-halte bus itu sudah berusia hampir 90 tahun, serta sekaligus akan jadi saksi pembangunan seluruh penjuru Kota Canberra.

Halte-halte tersebut merupakan sosok bangunan yang menjadi peninggalan penting mengingat kesemuanya mampu menunjukkan pola perencanaan dalam bidang transportasi serta pembangunan dalam infrastruktur sipil.

“Saat halte bis tersebut dibangun pertama di sekitar tahun 1923, saat itu juga belum banyak mobil dalam kawasan Canberra, serta pegawai negeri dalam ibu kota saat baru dibangun tersebut harus naik bis saat dia menuju ke kantornya.” ungkap Hanna Jaireth yang berasal dari Dewan Perlindungan Sejarah.

“Ini salah satu pertanda akan pentingnya perencanaan dalam tata kota yang ada di Canberra. Tata kota ini sangat perlu kita jaga,” imbuhnya.

About admin