Home / Uncategorized / Dibalik Nikmatnya Sajian Sayur Asem Betawi

Dibalik Nikmatnya Sajian Sayur Asem Betawi

Dibalik Nikmatnya Sajian Sayur Asem Betawi – Tempat tinggal Makan Sayur Asem Betawi H Masa yang berada di Pondok Aren, Tangerang Selatan, dipilih jadi di antara gerai sajian yang dilibatkan dalam acara Santap Mantap Day 2017 pada Selasa (22/8/2017) .

Di kenal begitu legendaris karna sudah berdiri sejak mulai 30 th. waktu lalu, tempat tinggal makan ini dapat melayani 200-300 pengunjung /hari. Lantas apa sebagai rahasia di baliknya?

Nyatanya tempat tinggal makan ini memakai beberapa bahan yang tidak sering dipakai dalam pemrosesan sayur asem biasanya.

” Kami memakai jengkol bewe dan kecipir. Kedua bahan ini telah mulai tidak sering diketemukan dalam semangkok sayur asem. Ini adalah resep dari nenek saya dan penemuan dari ke dua orangtua saya, ” papar Yulianti, generasi ke dua dari yang memiliki RM Sayur Asem Betawi H Masa.

Jengkol bewe dapat di peroleh dengan memendam jengkol tua didalam tanah sepanjang satu minggu. Jengkol yang sudah ditanam dengan cara teratur disiram tiap-tiap pagi serta dapat dipetik saat telah bertunas.

Dalam sistem membuatnya, jengkol bewe di rebus berbarengan dengan bumbu serta sayuran mempunyai tekstur keras sepanjang 30 menit. Sesudah itu, sayuran hijau dengan struktur yang lebih halus dimasukkan, termasuk juga salah nya ialah kecipir, serta di rebus sepanjang 15 menit.

” Sayur asem dirumah makan ini termasuk juga yang paling lengkap. Ditambah sekali lagi dengan terdapatnya oncom serta pare yang menolong untuk makin menyempurnakan rasa-rasanya, ” papar Arie Parikesit sebagai pakar masakan.
Hal menarik yang lain dari RM Sayur Asem Betawi H Masa merupakan sang pengolah bumbu yg tidak sempat berubah sejak mulai 1983 sampai saat ini. Itu penyebabnya cita rasa dari sayur asem dirumah makan ini tetaplah terbangun.

Satu mangkok sayur asem di bandrol seharga Rp 10. 000. Selain sayur asem menjadi menu paling utama, ada juga lauk-pauk yang lain yang disediakan dengan system prasmanan. Menu lauk-pauk sebagai favorite sampai saat ini merupakan ikan gabus goreng bersama sambal serta lalapan.

About admin