Jokowi Mengucap Syukur Sebab Indonesia Masih Kuat 74 Tahun

Jokowi Mengucap Syukur Sebab Indonesia Masih Kuat 74 Tahun – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan syukur sebab Indonesia masih kuat 74 tahun semenjak kemerdekaan. Kekuatan itu tidak terlepas dari peranan Pancasila.

“Keesokan hari, kita rayakan 74 tahun Indonesia merdeka. Kita pantas mengucapkan syukur, ditengah-tengah beberapa rintangan serta hempasan badai riwayat, Indonesia jadi rumah besar kita bersama dengan masih berdiri kuat. Indonesia berdiri kuat sebab kita mempunyai dasar yang benar-benar kuat, Pancasila,” kata Jokowi waktu pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8/2019).

“Pancasila ialah basic negara, bintang pelosok, sekaligus juga pemersatu kita,” sambungnya.

Jokowi menjelaskan bangsa Indonesia dapat hidup rukun tanpa ada dibeda-bedakan latar agama, suku, ras, atau kelompok di dalam rumah Pancasila. Ia mengutamakan jika rumah besar Indonesia tempat yang nyaman untuk semua anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Di rumah besar ini, semua anak bangsa dapat berkarya, dapat bergerak, serta dapat berusaha untuk wujudkan mimpi serta harapan kita bersama dengan,” katanya.

Ia memperjelas jika ketidaksamaan bukan penghambat bangsa Indonesia untuk menyatu. Dengan persatuan, rakyat Indonesia dapat saling maju.

“Dalam persatuan itu, kita temukan daya yang mahadahsyat, untuk menggerakkan semua tenaga, pemikiran, serta tetesan keringat untuk perkembangan Indonesia. Dalam persatuan itu, kita temukan solidaritas, kepedulian, serta semangat share antarsesama anak bangsa,” sebut Jokowi.