Home / Berita Umum / Lapas Jambi Terendam Banjir, 198 Tahanan Harus Dievakuasi

Lapas Jambi Terendam Banjir, 198 Tahanan Harus Dievakuasi

Lapas Jambi Terendam Banjir, 198 Tahanan Harus Dievakuasi – Banjir merendam tujuh blok ruangan tahanan Lapas Kelas II-A Jambi. Mengakibatkan, sekitar 198 tahanan mesti dievakuasi.

“Ada 198 narapidana yang kita pengungsian karena banjir ini. Narapidana itu adalah narapidana lanjut usia, narapidana yang sakit, dan narapidana yang sel tahanan mereka telah terendam air yang tinggi. Mereka semua kita pengungsian ke tiga blok yang tidak terendam banjir. Di lapas ini, ada 10 blok, tujuh salah satunya sudah terendam banjir,” kata Kalapas Jambi Yusran Sa’ad, Selasa (4/12/2018).

Banjir berlangsung karena hujan deras turun di Kota Jambi saat kurang-lebih empat jam mulai Senin (3/12) sore. Hujan yang tidak kunjung berhenti sampai malam membuat Lapas Kelas II-A Jambi kembali terendam banjir.

Selasa (4/12), jam 02.00 WIB, personil TNI-Polri turut berjaga di seputar lapas. Selain itu, air masih tetap menggenangi tujuh blok bangunan lapas.

“Polisi dan TNI itu sifatnya cuma berjaga-jaga supaya tidak berlangsung perihal yang tidak diharapkan saja. Saat ini hujan telah mulai surut, tapi air kiriman dari hulu sana masih tetap deras, jadi lapas masih tetap terendam banjir,” tutur Yusran.

Menurut Yusran, Lapas Kelas II-A Jambi memang sering jadi berlangganan banjir tiap-tiap hujan lebat datang. Banjir berlangsung sebab buruknya aliran drainase di lapas.

“Permasalahan aliran drainase yang jelek itu sebagai pemicu lapas Jambi ini terus-terusan kebanjiran. Kita mengharap Pemerintah Propinsi atau Kota cepat lakukan tindakan untuk mengatasi persoalan semacam ini. Bila lapas ini masih tetap ingin dipakai, jadi keinginan kita aliran drainase dapat selekasnya diperbaiki,” paparnya.

About admin