Home / Berita Umum / Pemerintah Impor 50 Ribu Ton Jagung

Pemerintah Impor 50 Ribu Ton Jagung

Pemerintah Impor 50 Ribu Ton Jagung – Perum Bulog akan mengimpor jagung sekitar 50 ribu ton. Angka itu cuma penuhi 1/2 dari kuota yang diputuskan dalam rapat di Kementerian Koordinator Bagian Perekonomian, yaitu sebesar 100 ribu ton.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan import itu dikerjakan cuma untuk mengatur harga. Jika harga jagung telah turun, jadi import akan tidak dikeluarkan.

“Ini baru ingin import 50 ribu oleh Bulog. Itu juga pemerintah yang import bukan dilepaskan. Jika mungkin harga turun, tidak mungkin dikeluarin menjadi alat kontrol saja,” katanya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Selanjutnya, dia mengutarakan import yang dikerjakan cuma beberapa kecil dari produksi dalam negeri. Karena sampai sekarang ini pihaknya sudah lakukan export sekitar 370 ribu ton.

Berarti, surplus di negeri ada sekitar 320 ribu ton jika keseluruhan export 370 ribu ton dikurangi import sekitar 50 ribu ton.

“Kecil sekali (50 ribu ton). Jadi simpel jawabannya, import 50 ribu ton kurang 370 ribu ton? 320 kan, bermakna surplus begitu,” sambung ia.

Selain itu, ketetapan import sendiri dikerjakan untuk turunkan harga jagung yang sudah sampai Rp 5.000 per kg (kg). Angka itu menyebabkan kenaikan pakan ternak juga.

About admin