Home / Berita Umum / Pendukung Erdogan Rayakan Kemenangan

Pendukung Erdogan Rayakan Kemenangan

Pendukung Erdogan Rayakan Kemenangan – Recep Tayyip Erdogan serta Partai AK yg berkuasa mengklaim kemenangan di pilpres serta penentuan legislatif Turki. Erdogan berikan pidato singkat dimuka pendukungnya sementara penghitungan nada masihlah jalan.

” Beberapa orang kami udah berikan kami pekerjaan mengerjakan jabatan kepresidenan serta eksekutif, ” kata Erdogan dalam pidatonya seperti ditulis Reuters, Senin (25/6/2018).

” Saya berharap tak ada yg akan coba membayangi hasil serta membahayakan demokrasi untuk sembunyikan kegagalan mereka sendiri, ” sambungnya.

Tetapi, partai oposisi paling utama mengemukakan terlampau awal untuk mengaku kekalahan. Kompetitor paling utama Erdogan, Muharrem Ince dari Partai Rakyat Republik (CHP) yang disebut oposisi mendorong pemantau pemilu konsisten ada di TPS untuk meyakinkan tiada kecurangan.

Dikarenakan masihlah ada penghitungan nada dari kota-kota besar dimana partainya umum nampak dengan kuat. Pihak oposisi curiga perihal keakuratan angka yg di rilis kantor berita Anadolu yg dikelola negara. Anadolu benar-benar jadi distributor tunggal dari penghitungan nada resmi.

Suatu video yg menyebar di social media memberikan banyak pendukung oposisi membawa tas penuh surat nada yg mereka jelaskan belum pula dihitung. Ada kira-kira 300 orang dalam video ini.

” Pencuri Tayyip! ” didalam markas besar partai CHP di Ankara.

Partai-partai oposisi serta LSM mengerahkan sampai 1/2 juta pemantau di TPS untuk mencegah peluang kecurangan pemilu. Mereka mengemukakan pergantian undang-undang penentuan serta tuduhan penipuan dalam referendum th. 2017 mengundang kegelisahan perihal keadilan pemilu yg di gelar Minggu (24/6) ini.

Dalam penghitungan nada yg ditayangkan media Turki, Erdogan unggul jauh dari kompetitor terdekatnya Muharrem Ince. Dari 96, % nada yg masuk, Erdogan mendapatkan 52, 7 % dan Ince cuma mendapatkan 30, 7 % nada.

Sesaat di penentuan legislatif, Partai AK meraih 43 % nada serta sekutunya, MHP, 11 %. Angka itu menurut 98 % nada dihitung.

Di kubu oposisi, CHP punyai 23 % serta Partai Rakyat Demokratik (HDP) pro-Kurdi 11 %.

Keseluruhan ada 59, 39 juta pemilih yg tercatat dalam pemilu th. itu. Jumlahnya ini termasuk juga 3, 047 juta pemilih diluar negeri. Sejumlah 180. 065 kotak nada udah disebar ke 81 propinsi di Turki. Dan keseluruhan 3. 160 kotak nada di siapkan di kira-kira 123 misi diplomatik Turki di sejumlah 51 negara. Di perkirakan pilpres serta pileg itu dijalankan oleh 87 % masyarakat Turki.

About admin