Home / Mancanegara / Perang Etnis Landa Myanmar | Mancanegara

Perang Etnis Landa Myanmar | Mancanegara

Pertempuran dalam pihak Dewan Restorasi Wilayah Shan bersama Tentara Nasional Liberal Ta’ang dalam wilayah Myanmar, mampu menyebabkan sebanyak 3.000 orang memutuskan meninggalkan rumah saat ini. Kejadian ini berjalan kala adanya peralihan masa kekuasaan yakni dari pihak pemerintahan kala didukung milter, menuju partai Liga Nasional buat Demokrasi (NLD) kala dipimpin sosok Aung San Suu Kyi.

“Kami menerima info, sebanyak 3.000 orang saat ini memutuskan meninggalkan rumah dalam pekan kemarin,” ungkap Mark Cutts, salah satu Pemimpin Lembaga Koordinasi yang Mengurusi Kemanusiaan PBB kala berada dalam wilayah Myanmar.

Dia lantas mengunggah info jika sebagian besar pihak mereka kala memutuskan kabur, dalam tahapan kali ini sudah ditampung dalam sejumlah biara yang ada dalam wilayah Kota Kyaukme. Dan sebagian lagi masih dala pencarian soal menetapnya mereka.

Dalam kejadian ini, anggota parlemen Kyaukme yakni Sai Tun Aung, sama sekali tak menunjuk akanĀ  saat ini kelompok mana kala diputuskan bersalah akan adanya kasus ini. Dimana dalam tahun kemarin, pemerintah Myanmar juga sudah menandatangani perjanjian damai bersama beberapa pihak pemberontak besar semisal RCSS.

About admin