Pola Hidup Bisa Pengaruhi Tekanan Darah

Pola Hidup Bisa Pengaruhi Tekanan Darah – Rutinitas pola hidup sehat bisa menolong mengontrol desakan darah tinggi. Rutinitas ini mencakup : makanan sehat, kesibukan fisik, melindungi berat tubuh, membatasi alkohol serta mengelola stres.

Untuk menolong mengubah pola hidup, coba mengerjakannya dengan bertahap, dari mulai satu perubahan dibarengi perubahan beda waktu Anda terasa sudah berhasil mengaplikasikan perubahan terlebih dulu.

Apabila Anda mempraktikkan sebagian rutinitas pola hidup sehat, Anda relatif akan dapat turunkan desakan darah atau menjaga desakan darah jadi normal. Pola hidup sehat yang disarankan itu yaitu :

1. Memakan makanan sehat

Untuk menolong menangani desakan darah tinggi, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi sodium serta garam, tingkatkan potasium, serta konsumsi makanan yang sehat untuk jantung.

Sebagian makanan yang memiliki kandungan potasium tinggi seperti ubi dapat jadi pilihan. Ubi memiliki kandungan paling tidak 694 miligram (mg) potasium serta cuma 131 kalori. Diluar itu daun bit serta kacang panjang juga dapat jadi alternatif apabila sukai sayur-sayuran.

Menu makanan untuk hindari darah tinggi diisi buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, serta makanan beda yang rendah lemak, cholesterol dan garam. Menu makanan ini sehat untuk jantung, bahkan juga buat mereka yang tidak mempunyai kisah desakan darah tinggi.

2. Batasi sodium serta garam

Makanan rendah sodium bisa menolong menangani desakan darah Anda. Anda mesti coba membatasi kandungan sodium yang dikonsumsi. Ini berarti, tentukan serta buat persiapan makanan yang rendah dalam sodium serta garam.

Label makanan di paket akan menolong Anda untuk lihat kandungan sodium di dalamnya. Coba tidak konsumsi lebih dari 2. 300 miligram sodium dalam sehari. Bila Anda mempunyai desakan darah tinggi, Anda mesti konsumsi sodium kurang dari batas normal itu.
Baca : Berapakah Banyak Garam yang Baiknya Kita Mengkonsumsi?

3. Makanan yang sehat untuk jantung

Makanan sehat untuk jantung biasanya baik juga menghindar naiknya desakan darah, mengingat desakan darah yaitu satu diantara penyebab serangan jantung. Makanan ini dapat berbentuk gandum ; buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, pir serta plum ; sayur-sayuran seperti brokoli, kol, serta wortel ; kacang polong seperti kacang merah, buncis ; bebas atau product susu rendah lemak seperti skim milk ; dan Ikan tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna.

Saat pilih makanan yang sehat untuk jantung, Anda mesti hindari : daging merah, minyak kelapa atau sawit dan minuman dan makanan yang memiliki kandungan gula.

4. Aktif dengan fisik

Kesibukan fisik yang teratur bisa turunkan desakan darah serta kurangi resiko terserang problem kesehatan yang lain. Konsultasi dengan dokter Anda sebelumnya mulai gagasan berolahraga. Tanyakanlah berapakah banyak serta apa sajakah kesibukan yang aman untuk Anda.

Tiap-tiap orang semestinya coba beraktivitas fisik seperti aerobik enteng paling tidak 2 jam 30 menit tiap-tiap minggu, atau aerobik lebih intensif paling tidak 1 jam 15 menit tiap-tiap minggu.
Aerobik seperti jalan cepat, yaitu berolahraga yang meningkatkan jantung lebih keras bekerja serta Anda konsumsi oksigen semakin banyak di banding umumnya. Makin anda aktif, semakin banyak juga faedah yang Anda terima.

5. Jagalah berat tubuh

Melindungi berat tubuh baik dapat menolong Anda mengontrol desakan darah tinggi serta kurangi kemungkinan problem kesehatan yang lain. Bila berat tubuh tidak ideal—terutama sangat berat, coba untuk turunkan.

Penurunan sekitaran 3 sampai 5 % bisa turunkan resiko untuk problem kesehatan. Makin banyak berat tubuh yang Anda turunkan bisa memengaruhi desakan darah, turunkan cholesterol LDL serta tingkatkan cholesterol HDL.