Home / Berita Umum / Wayangan Kresno Jumeneng Ratu Dari Guru Besar ISI

Wayangan Kresno Jumeneng Ratu Dari Guru Besar ISI

Wayangan Kresno Jumeneng Ratu Dari Guru Besar ISI – Presiden Joko Widodo mengadakan pagelaran wayang kulit berlakon ‘Kresno Jumeneng Ratu’ ini malam. Guru besar seni pergelaran serta pewayangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Prof Soetarno, mengatakan kalau wayang memang sarat dengan pesan, baik terbersit ataupun tersurat.

” Pokok dari pementasan wayang yaitu ada pesan yg diungkapkan, baik terbersit ataupun tersurat. Mungkin di ambil lakon itu lantaran Pak Jokowi bakal dilantik kembali, atau barangkali saja pesan lain, ” kata Soetarno kala dijumpai di huniannya, Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Jumat (2/8/2019) .

Dari segi lakon, Soetarno memperjelas kalau judul itu sebagai kreasi dari dalang. Dikarenakan dalam babon atau pakemnya, tak diketemukan lakon ‘Kresno Jumeneng Ratu’.

” Bila ‘Kresno Pujangga’ ada lakonnya. Namun memang sejalan kemajuan era, lakon-lakon itu terus berkembang, bisa sebab pesanan penanggap, sesuai keadaan politik, atau kreatifitas dalang tersebut, ” kata ia.

Kresno merupakan tokoh pewayangan yg di yakini jadi titisan Dewa Wisnu, ialah dewa pemelihara. Apabila ikon Kresno diperuntukan buat Jokowi, Soetarno menilainya hal semacam itu merupakan impian biar presiden dapat berubah menjadi pemelihara kehidupan berbangsa serta bernegara.

” Kresno ini dapat dikatakan tokoh yg paling sakti, lantaran dapat hidupkan orang mati. Maknanya, pemimpin mesti dapat berikan penghidupan, berikan lapangan pekerjaan, dan seterusnya, ” kata Soetarno yg sempat memegang jadi Rektor ISI Surakarta 2006-2008 itu.

Kresno sebagai tokoh yg punyai pembawaan komplet. Delapan pembawaan atau hastabrata ada di dalam dirinya sendiri, dimulai dari pembawaan matahari, bulan, bintang sampai bumi.

” Matahari itu ikon menghidupi, bulan itu pencerahan, bintang itu figur, api itu selesai dalam menuntaskan permasalahan, bumi itu jujur, laut punyai daya muat atau mungkin tidak antikritik, angin itu kesejukan, lalu mendung itu wibawa, ” ujarnya.

Dalam narasi Mahabarata, Kresno diketahui jadi panglima perang yg berbarengan Pandawa Lima memainkan perang Baratayudha. Tidak cuman punyai senjata-senjata ampuh, ia pun satu orang pakar kiat perang yg sakti mandraguna.

” Mungkin memang lakon Kresno di ambil lantaran yaitu tokoh yg paling komplet. Belumlah ada lakon yg ceritakan Kresno gugur, ” kata dosen yang mengajar di UNS serta UGM itu.

Menurut acara sah, ini hari, Jumat (2/8) , Istana Kepresidenan bakal menyelenggarakan acara wayang kulit di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada waktu 19. 30 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijelaskan bakalan datang buat saksikan acara dengan cara langsung.

Dalang dalam pagelaran wayang kulit ‘Kresna Jumeneng Ratu’ ini yaitu Ki Manteb Sudarsono. Tidak hanya itu, acara bakal diramaikan oleh Didi Kempot, Butet Kertaradjasa, sampai Cak Lontong.

About penulis77